Uang Tiktok Shop Tidak Bisa Ditarik, Kenapa?

uang tiktok shop tidak bisa ditarik
Uang Tiktok Shop Tidak Bisa Ditarik

Belakangan ini Tiktok sedang dihebohkan dengan banyaknya seller Tiktok Shop yang mengeluhkan bahwa uang Tiktok Shop tidak bisa ditarik.

Tidak tanggung-tanggung, banyak seller yang mengaku dana hasil jualan mereka yang ditahan oleh TikTok Shop mencapai ratusan juta rupiah.

Jika ditotal dari semua kasus dana tertahan, nilainya bisa mencapai miliaran rupiah. Apa sebenarnya permasalahannya? Apakah benar Tiktok Shop mencoba mencuri uang seller?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu tahu alasan dana hasil jualan ditahan oleh TikTok Shop.

Uang Tiktok Shop Tidak Bisa Ditarik, Kenapa?

Kenapa sih uang Tiktok Shop tidak bisa ditarik? Apakah berjualan di Tiktok Shop sebegitu mengerikan?

Alasannya adalah seller melakukan beberapa pelanggaran yang mengakibatkan Tiktok Shop melakukan penangguhan dana hasil penjualan. Berdasarkan Pedoman Pengendalian Pesanan Palsu Tiktok Shop, penangguhan dana hasil penjualan ini bisa lebih dari 90 hari atau hingga proses penyelidikan selesai.

Sayangnya, banyak seller Tiktok yang mungkin tidak mengetahui adanya kebijakan ini. Ada yang mengaku bahwa kebijakan ini sebelumnya tidak ada dan aturan ini baru dibuat.

Padahal, kebijakan ini sudah ada sejak awal. Namun, mungkin beberapa seller belum membaca atau kurang teliti membaca atau tidak memahami sepenuhnya.

Perusahaan besar seperti Tiktok rasanya tidak mungkin sembarangan dalam merilis sebuah produk atau fitur ke market tanpa ada pedoman cara penggunaan, kebijakan privasi, kebijakan atau aturan penggunaan, dan dokumentasi lain yang dibutuhkan.

Lantas, apakah jualan di TikTok mengerikan atau menjadi bermasalah? Tentu saja TIDAK selama kamu memahami dan mengikuti aturan dari Tiktok Shop itu sendiri.

Terus Seller Harus Gimana?

Lalu, bagaimana jika saya merasa tidak melanggar kebijakan TikTok Shop, tetapi terdeteksi melanggar dan uang Tiktok Shop tidak bisa ditarik?

Perlu diketahui bahwa ketika kamu diduga oleh melanggar kebijakan Tiktok, maka kamu akan menerima pemberitahuan melalui email atau pemberitahuan di TikTok Seller Center. Sehingga, tentu kamu sudah mengetahui penyebab uangmu ditahan oleh Tiktok Shop.

Namun, jika kamu yakin bahwa dugaan tersebut salah, maka kamu bisa mengajukan banding melalui Seller Center melalui fitur pengaduan. TikTok Shop akan melakukan penyelidikan dan perbaikan jika diperlukan.

  • Penjual bisa mengajukan maksimal 2 kali naik banding terhadap satu kasus pelanggaran.
  • Naik Banding pertama dapat diajukan dalam 30 hari sejak penegakan hukum dilakukan. 
  • Naik Banding kedua dapat diajukan dalam 15 hari setelah penolakan banding pertama. 
  • Jika naik banding penjual berhasil, kami akan menghapus penalti yang diterbitkan dan memulihkan hak istimewa yang ditarik. 
  • Jika penjual memutuskan untuk melepaskan haknya untuk mengajukan banding, atau tidak dapat memberikan dokumen yang valid dan jelas untuk membuktikan keasliannya, pengajuan tersebut akan dianggap sebagai pengajuan naik banding yang gagal. 
  • Semua keputusan yang dibuat oleh TikTok Shop merupakan kebijakan kami sendiri. Keputusan bersifat final setelah naik banding kedua ditolak. 
  • Segala naik banding yang diajukan setelah batas waktu yang ditetapkan di atas bukan merupakan naik banding yang sah dan tidak akan ditinjau oleh TikTok Shop.

Tanggung Jawab Seller Selama Banding

Perlu diperhatikan bahwa selama proses naik banding, penjual bertanggung jawab atas:

  • Mengumpulkan dan menyiapkan semua dokumen pendukung untuk membuktikan keaslian bisnis atau pesanan tertentu. 
  • Memberikan penjelasan yang jelas tentang alasan tindakan penegakan hukum tersebut dilakukan karena kesalahan. 
  • Memberikan materi atau informasi tambahan yang mungkin diperlukan oleh Tiktok Shop.

Perlu kalian ketahui bahwa naik banding tidak menjamin keberhasilanmu untuk bisa lepas dari pelanggaran yang terdeteksi. Naik banding hanya memastikan bahwa TikTok Shop meninjau ulang kasus tersebut dan mempertimbangkan materi atau penjelasan yang diberikan oleh seller.

Sudah paham ‘kan sekarang kenapa uang Tiktok Shop tidak bisa ditarik? Jangan sampai kamu melewatkan aturan-aturan yang dibuat oleh Tiktok ya! Supaya kamu terhindar dari kasus uang Tiktok Shop tidak bisa ditarik.

Nah, buat kamu yang mau belajar lebih lengkap tentang Tiktok Shop dan marketplace lainnya, yuk bergabung di Argia Academy! Mumpung ada promo September Ceria dengan potongan besar banget loh! Daftar di sini yaaa!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x