3 Aplikasi Riset Kata Kunci yang WAJIB Kamu Coba

riset kata kunci
Riset kata kunci

Riset kata kunci wajib kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk membangun sebuah website. Karena, hal ini masuk dalam tahap perencanaan. Tanpa hal ini, kamu akan kesulitan menemukan konten yang ingin kamu fokuskan. Lalu, aplkasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk riset kata kunci? Berikut ini adalah 3 aplikasi yang bisa kamu coba!

Salah satu indikator keberhasilan sebuah web adalah memiliki banyak pengunjung dan tentunya meningkatkan closing yang terjadi dari website tersebut. Namun, bagaimana caranya mendapatkan banyak pengunjung di website kita?

Jawabannya adalah melalui mesin pencari populer saat kini, Google. Nah, supaya bisa tampil di halaman pertama Google, kamu harus melakukan riset kata kunci yang tepat.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, konten yang kamu buat akan lebih tepat sasaran. Pengunjung yang kamu inginkan bisa langsung tersaring ketika mereka memasukkan kata kunci yang tepat.

Masalahnya, untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu tidak bisa sekadar menebak begitu saja. Ada tools atau aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset kata kunci supaya kamu tahu mana kata kunci yang memiliki peluang mendatangkan banyak pengunjung di website kamu.

Aplikasi riset kata kunci

Berikut ini aplikasi riset kata kunci populer yang sering digunakan oleh banyak website developer untuk meriset keyword untuk website mereka:

SEMrush merupakan salah satu alat riset keyword yang sering digunakan SEO specialist saat ini. Selain mudah diterapkan, hasil riset dari aplikasi yang satu ini juga sangat detail.

Pertama, aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk mencari kata kunci dan juga Pay per Click (PPC). SEMrush melakukan pencarian kata kunci dengan sangat detail menggunakan 2 mesin pencari terbesar, yakni Google dan Bing.

SEMrush mencari informasi yang dalam. Setiap kata kunci yang ditampilkan selalu dilengkapi dengan banyak informasi, seperti CPC (Cost per Click), volume, dan tren yang selalu berganti setiap waktu. Jadi, kata kunci yang ditampilkan tidak hanya kata kunci yang dianggap sesuai dan bisa digunakan saja, namun ada banyak informasi lainnya. Jumlah kata kunci yang terkait dan juga salinannya.

Kedua, SEMrush menampilkan riset kata kunci yang terkait dan frasa yang tepat. Contohnya, jika kamu punya bisnis di bidang fashion, kata kunci yang ingin kamu cari tentu saja berhubungan dengan pakaian, seperti kemeja. Nantinya, SEMrush akan menunjukkan kata kunci mulai dari yang pendek hingga panjang, seperti hem batik, baju formal, dan lain sebagainya.

Ketiga, riset kata kunci panjang (long tail keyword). Kata kunci yang panjang akan lebih spesifik dan sesuai dengan produk atau konten yang mau kita tingkatkan traffic-nya.

Aplikasi ini akan menunjukkan kata kunci panjang dalam jumlah yang cukup banyak dan kemudian akan dikelompokkan berdasarkan volume.

Keempat, kata kunci bisa disesuaikan dengan asal dari negaranya. Ada sekitar 28 negara yang ditampilkan. Kamu bisa memilih negara yang ingin kamu sasar. Dengan begitu, kamu bisa tahu tren keyword di setiap negara. Kalau kamu menargetkan pengunjung dari negara tertentu, kamu bisa pakai kata kunci yang sesuai. Semakin spesifik kata kunci yang kamu pakai, semakin besar kemungkinan traffic meningkat dengan tajam.

Kelima, analisa kompetisi yang bagus. Selain menampilkan kompetisi dalam bentuk data, SEMrush juga menampilkan siapa yang menggunakan kata kunci tersebut dan seperti apa iklan yang digunakan.

Dengan melihat hal ini, kamu bisa memperkirakan strategi internet marketing dari kompetitor. Kamu lihat kesesuaian dengan keinginan mesin pencari, menyamai kompetitor dari segi copy dan struktur, atau melebihi kompetitor.

Dengan menerapkan hal ini, kemungkinan web kamu muncul di halaman depan Google atau Bing bisa terjadi. Dengan keyword yang sama, tapi strategi yang berbeda, traffic yang melimpah mudah digapai. Kamu bisa mengoptimasi hal-hal yang ada di web, mulai dari landing page hingga halaman lain termasuk produk atau promosi.

Nah, itu tadi 5 alasan SEMrush sangat direkomendasikan untuk dicoba. Kalau kamu tertarik dengan SEO dan ingin belajar lebih dalam lagi terkait riset kata kunci, kamu bisa ikut kursus private SEO di Argia Academy. Daftar sekarang juga! Kamu bisa daftar di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x