fbpx

Mengenal Lebih Dekat dengan Amazon Web Service

Amazon? Kalian pasti tidak asing lagi dong dengan nama start up terbesar di dunia yang satu ini. Yap, Amazon terkenal akan kesuksesannya sebagai raja e-commerce dunia. Kenapa kita membahas tentang amazon di dunia pemrograman? Nah, ini adalah hal yang memang banyak yang belum tau bahwa sejak tahun 2002 Amazon telah menambah layanannya di bidang cloud infrastruktur yang kini sedang booming yakni, “Amazon Web Services”.

Amazon Web Services adalah layanan yang memberikan fasilitas cloud kepada penggunanya sebagai tempat penyimpanan data yang terintergrasi juga mudah untuk dikustomisasi. Sehingga, penggunanya masih bisa melakukan atau menambahkan kreativitas dalam menggunakan layanan ini.

Apa saja Layanan di Amazon Web Service (AWS)?

Amazon Web Service memberikan 5 jenis layanan kepada pelanggannya, diantaranya :

  1. Layanan Komputasi

Layanan ini memberi pelayanan untuk pengguna yang ingin melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Layanan komputasi yang disediakan yakni :

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat dikustomisasi atau dikembangkan. Untuk penggunaanya sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu memilih image (AMI) dan melakukan setup yang memakan waktu 5-10 menit saja.
  • Amazon Elastic Map Reduce adalah layanan yang akan membantu penggunanya melakukan analisis data. Data-data tersebut dapat dikonversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan.
  • Elastic Load Balancing adalah layanan yang menjadi bagian dari amazon EC2. Layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kalian miliki dalam Amazon EC2.
  1. Layanan Penyimpanan

Layanan ini memberi pelayanan untuk pengguna yang ingin melakukan penyimpanan. Amazon akan berperan sebagai media backup maupun Content Delivery Network (CDN). Data-data kalian akan disimpan dengan aman, cepat, dan dapat diandalkan. Layanan penyimpanan yang disediakan yakni :

  • Amazon Simple Storage Service (S3) adalah layanan media penyimpanan yang sangat aman dan dapat diandalkan dengan harga yang tergolong murah. Layanan ini terintegrasi dengan layanan-layanan amazon lainnya, salah satunya Amazon EC2. Amazon S3 ini dapat kalian install di komputer, sehingga kalian dapat menjadikan Amazon S3 menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.
  • Amazon Elastic Block Store (EBS) adalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2. EBS storage ini menjadi pengganti harddrive dari Amazon EC2. EBS ini juga media yang disimpan di atas Amazon S3.
  • AWS Storage Gateway adalah layanan penyimpanan untuk perusahaan berskala besar. Layanan ini membutuhkan Vmware HyperX dengan requirements yang cukup tinggi. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak data sensitif dan butuh offsite backup.
  • Amazon CloudFront adalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon. Layanan ini banyak digunakan untuk aplikasi web sehingga kecepatan load untuk konten menjadi jauh berkurang, sebab konten diambil dari lokasi terdekat dari user yang sedang melakukan akses ke website.
  1. Layanan Basis Data (Database)

Layanan ini dikhususkan untuk basis data, dimana basi data tersebut akan disimpan di cloud dan dapat diakses dari mana saja secara aman, cepat, dan terpercaya. Sehingga layanan ini sangat cocok untuk para pengembang aplikasi web. Layanan basis data yang disediakan yakni :

  • Amazon Relational Database Service (RDS) adalah layanan server basis data dimana data dan server akan berada di cloud yang akan menjadi kualitas koneksi, kecepatan, keamanan, dan kehandalan. Kalian dapat memiliki aplikasi server seperti MySQL, Oracle, dan SQL Server.
  • Amazon DynamoDB adalah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas terbaik di segala aspek dan yang pastiinya mudah dalam melakukan setup dan konfigurasi. Layanan ini memiliki kemudahan skalabilitas sehingga data dapat berkembang dan menyusut sesuai dengan keperluan.
  • Amazon SimpleDB adalah layanan server basis data yang NoSQL yang mirip dengan Amazon DynamoDB dalam segi kualitas namun dengan skala yang lebih kecil.
  • Amazon ElastiCache adalah layanan memory cache di atas cloud. Dengan layanan ini kalian dapat meningkatkan performa dari aplikasi web dnegan menyimpan cache dan tidak membebani server web aplikasi itu sendiri.
  1. Layanan Jaringan

Layanan ini dikhususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam maupun di luar cloud. Layanan Jaringan yang disediakan yakni :

  • Amazon Route 53 adalah layanan untuk domain name server(DNS), layanan ini memberikan akses yang cepat dan aman untuk domain dari aplikasi web yang kalian miliki. Layanan ini memiliki fitur load balance jika kita memiliki lebih dari satu server.
  • Amazon Virtual Private Cloud adalah layanan untuk memudahkan pembuatan private cloud kalian sendiri dengan menggabungkan layanan yang ada dalam AWS. Sehingga kita dapat membangun infrastruktur cloud kalian sendiri.
  1. Layanan Aplikasi

Layanan aplikasi ini disediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan lainnya. Layanan Aplikasi yang disediakan yakni :

  • Amazon CloudSearch – Aplikasi Pencarian
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF) – Aplikasi Workflow
  • Amazon Simple Queue Service (SQS) – Aplikasi Antrian
  • Amazon Simple Notification Service (SNS) – Aplikasi Notifikasi
  • Amazon Simple Email Service (SES) – Aplikasi Email Server

 

Siapa Pengguna Layanan Amazon Web Service (AWS)?

Sudah ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang beralih ke layanan Amazon Web Service ini. Netflix, Slack, dan Airbnb merupakan 3 diantara perusahaan-perusahaan besar yang menjadi pengguna AWS. Mereka menggunakan Global Deployment untuk menjangkau pengguna di seluruh dunia.

Sehingga, bagi kalian yang berencana atau memiliki target rencana besar adalah mampu menjangkau seluruh dunia, maka Amazon Web Service adalah salah satu provider yang dapat kalian andalkan. Saat ini, Amazon Web Service memiliki 16 Region yang terbesar di beberapa wilayah, seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia Pasifik. Region baru yang sedang dalam proses yaitu Swedia, Prancis, China, Hong Kong dan Gov Cloud. Region yang populer bagi pelaku bisnis di Indonesia adalah region Singapore dan Tokyo.

Kenapa Menggunakan Layanan Amazon Web Service (AWS)?

Selain menawarkan kemudahan dengan layanan yang cepat, aman, dan dapat diandalkan, salah satu keutamaan dari Amazon Web Server adalah fitur “pay as you go”, yaitu bayar ketika dipergunakan. Dengan biaya yang cukup murah, kalian akan memiliki layanan yang powerful dan kalian bisa menyelesaikan masalah yang sama dengan waktu yang lebih singkat. Dan hal tersebut akan berdampak pada kualitas dalam mendeliver fitur yang lebih cepat, dan kalian bisa lebih fokus pada pengguna, pada bisnis, dan tidak peru memikirkan “Scaling”.

 

Nah itu tadi gambaran umum dan seluk beluk tentang apa itu Amazon Web Service dan apa kehebatan dari Amazon Web Service. Kalian bisa beralih ke AWS mulai sekarang. Dan Selamat Belajar!

24 Oktober 2019

0 responses on "Mengenal Lebih Dekat dengan Amazon Web Service"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X