Layanan Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Payment Gateway Terbaik di Indonesia : Metode Pembayaran Bisnis Online – Kalian pebisnis online? Untuk menjalankan bisnis kalian pastinya harus mengelola toko online dong. Nah, di dalam toko online diperlukan metode pembayaran untuk mempermudah pelanggan melakukan pembelian. Kemudahan dalam bertransaksi kini memang sudah menjadi hal yang wajib di dalam sebuah bisnis online. Bahkan kini banyak bank atau metode lain yang telah memberikan layanan canggih sekaligus praktis kepada kliennya semacam BCA Virtual Account. Tak hanya itu, berbagai situs berbelanja, toko online juga mau tidak mau harus mengembangkan sarana pembayaran yang memudahkan baik pembeli maupun penjualnya dalam bertransaksi bisnis secara online. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada saja pelanggan yang meminta penambahan atau pergantian metode pembayaran di situs toko online kalian.

Menurut survei IPSOS, ada tiga metode pembayaran yang paling disukai konsumen indonesia, yakni transfer bank atau internet banking (75%), cash on delivery atau COD (13%) dan kartu kredit (12%). Dari data tersebut, kalian bisa lihat bahwa transfer bank atau internet banking menjadi metode pembayaran yang paling populer di Indonesia. Meskipun begitu, metode itu memilki kekurangan tersendiri yang menuntut kalian untuk menyediakan metode yang beragam agar lebih memudahkan konsumen saat berbelanja dan bertransaksi di toko online kalian. Lalu bagaimana dong solusinya? Tenang saja, karena kalian bisa mengatasinya dengan memasang payment gateway di toko online kalian.

Apa itu Payment Gateway?

Menurut ensikopedia online, Wikipedia,  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/ online. Payment gateway ini bisa mempermudah pebisnis sekaligus kliennya dalam bertransaksi.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Berikut adalah cara kerja payment gateway dari konsumen melakukan pembayaran hingga toko online kalian menerima pembayaran.

  1. Calon customer toko online mengunjungi website, melihat produk dan akhirnya memutuskan untuk membelinya menurut info yang disampaikan oleh koneksi sumber dari payment gateway.
  2. Kemudian payment gateway akan lanjutkan info itu ke payment processor dari bank Kalian.
  3. Payment processor melanjutkan lagi info transaksinya ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai. Apa contohnya? Misalkan, Mastercard dan Visa.
  4. Pada tahap berikutnya, bank terkait akan mendapat permintaan itu dan mengirimkan balasannya ke processor dengan menggunakan kode khusus sekaligus memberikan konfirmasi apakah transaksi itu dinyatakan berhasil ataukah gagal.
  5. Terakhir, payment processor akan mengirim pesan tersebut ke payment gateway yang nantinya akan dilanjutkan kembali ke website/ situs Kalian serta si pemegang kartu hingga transaksi bisa dinyatakan berhasil.

Manfaat Payment Gateway

Penggunaan payment gateway terbukti menawarkan beragam manfaat. Adapun beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran ini yaitu:

  1. Aman

Salah satu manfaat atau keuntungan yang bisa kalian rasakan dari penggunaan payment gateway ialah jaminan keamanan yang baik. Setiap transaksi yang kalian lakukan akan terjaga keamanannya. Sistem pembayaran ini memang menjamin keamanan transaksi yang kalian lakukan dengan memanfaatkan media internet. Dengan begitu, kalian tak perlu merasa takut dengan beragam resiko yang bisa kalian alami. Misalnya saja, penipuan kartu kredit, modus transaksi keuangan online dan masih banyak lainnya.

  1. Mudah

Selain aman, sistem pembayaran ini juga mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan pelanggan bisa langsung melakukan transaksi tanpa harus mengakses website penjual. Tak hanya itu, transaksi juga tak membutuhkan akses ke website pihak ketiga. Dengan begitu, kebutuhan transaksi yang kalian lakukan bisa berjalan mudah dan cepat. Kalian pun bisa lebih cepat dalam menerima produk yang kalian pesan.

  1. Jangkauan Luas

Manfaat lain yang bisa kalian rasakan dari sistem pembayaran ini ialah jangkauan pelanggan yang sangat luas, bahkan sampai ke luar negeri. Manfaat ini bisa dirasakan oleh kalian yang menjalankan toko online. Dengan kalian memanfaatkan sistem ini, kalian bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Pelanggan dari segala penjuru dunia bisa mengakses toko online yang kalian jalankan secara mudah.

  1. User Friendly

Sistem pembayaran payment gateway terbukti user friendly. Hal ini dikarenakan sistem pembayaran ini sudah didukung dengan dashboard yang siap membantu siapa saja dalam proses rekonsiliasi penjualan. Mulai dari detail pelanggan, refund, laporan penjualan dan masih banyak lainnya. Sistem pembayaran yang canggih ini memang dihadirkan untuk membantu masyarakat dalam melakukan transaksi. Bahkan sistem pembayaran ini sudah banyak direkomendasikan.

Baca Juga : Cara Mengganti Versi PHP di XAMPP Tanpa Install Ulang!

4 Layanan Payment Gateway Terbaik di Indonesia

  1. DOKU

Doku adalah salah satu channel yang menyediakan layanan jasa untuk mempermudah transaksi, sama seperti payment gateway pada umumnya. Doku berguna pada saat Anda melangsungkan proses pembayaran secara online lewat aplikasi online tertentu. Tertentu saja, ini karena tidak semua aplikasi sudah mendukung layanan Doku, hanya yang memang sudah supported saja.

Walaupun begitu, DOKU telah bekerja sama dengan lebih dari 20 penyedia jasa keuangan seperti VISA, MasterCard, ATM Bersama, BNI, Mandiri, BCA KlikPay, Permata Bank, Bank Sinarmas, Bank Danamon, CIMB Clicks, Bank Muamalat, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Kredivo, dan Dan+Dan.

  1. iPaymu

Ipaymu punya fungsi yang sama dengan payement gateway umumnya yaitu untuk memudahkan Anda pada saat melakukan transaksi dengan menggunakan layanan internet ketika hendak membayar produk. Tapi tak hanya untuk situs online, IPaymu juga bisa bantu Anda jika ingin bertransaksi online untuk memberikan sumbangan, sekadar mengirimkan uang/ transfer, berlangganan, dan juga pada saat ingin melakukan penarikan uang.

Di situs resminya, iPaymu mengklaim telah menyediakan layanan payment gateway kepada 68,981 mitra usaha. Perusahaan penyedia layanan payment gateway ini telah bekerja sama dengan lebih dari 140 bank di Indonesia. Selain menyediakan metode pembayaran seperti perusahaan-perusahaan sebelumnya, iPaymu menyediakan dua fitur unik, yaitu Cash on Delivery (COD) dan integrasi WhatsApp.

  1. Midtrans

Midtrans adalah payment gateway online yang fokus melayani pasar e-commerce Indonesia. Secara sederhana, mereka memberi perusahaan e-commerce kemampuan untuk menerima pembayaran online.

Layanannya mencakup kartu kredit, transfer bank (Rekening Permata Virtual, Pembayaran Tagihan Mandiri), internet banking, Indomaret, e-wallet (T-cash, XL Tunai, BBM Money, Indosat Dompetku, Mandiri eCash), atau metode pembayaran lainnya.

  1. Faspay

Faspay memungkinkan e-commerce kalian menerima pembayaran online. Kalian bisa memilih antara kanal Kredit atau Debit, mulai dari internet banking, akun virtual, hingga e-wallet. Selain itu, jika kalian bermitra dengan Bank dan Telco terkemuka di Indonesia, kalian akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kemampuan untuk menerima pembayaran dari 120 Bank nasional. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Faspay adalah Faspay Billing. Faspay Billing memungkinkan kalian untuk membuat dan memproses data transaksi penagihan.

 

Nah itu tadi penjelasan mengenai payment gateway dan layanan apa saja yang bisa kalian gunakan untuk toko online kalian. Pilih sesuai dengan kebutuhan website toko online kalian dan selamat mencoba. Semangat Belajar!