Ini Dia 3 Alasan Iklan di TikTok Sering Ditolak!

iklan di tiktok sering ditolak
Iklan di TikTok Sering Ditolak

Iklan yang ditolak bisa bikin frustasi. Berikut adalah alasan kenapa iklan di TikTok sering ditolak! Apa saja ya yang bisa kamu lakukan?

Pernah nggak sih kamu ngehabisin waktu berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan mungkin sampai berbulan-bulan untuk nyiapin kampanye iklan TikTok, terus pas mau di-posting, eh malah ditolak? Gengges banget nggak sih?

Kalo itu terjadi sama kamu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu alasan iklanmu ditolak sama TikTok. Kemudian, kamu bisa membenahi iklan TikTok yang sudah kamu buat dan kirimkan banding agar ditinjau kembali oleh pihak TikTok.

Kalau kamu nggak bisa merubah kembali iklanmu atau merasa bahwa iklanmu ditolak secara tidak sengaja oleh TikTok, kamu bisa meminta peninjauan keputusan dengan mengeklik Advertiser Support atau Dukungan Pengiklan.

Iklan di TikTok Sering Ditolak

Ada banyak alasan kenapa sebuah iklan ditolak ditolak di TikTok. Namun, ada 3 alasan yang membuat iklan di TikTok sering ditolak. Apa saja ya alasannya?

1. Pelanggaran hak intelektual

TikTok sangat menghormati hak kekayaan intelektual orang lain. Sehingga, mereka berharap para pengiklan juga memiliki sikap yang sama dengan menghindari penggunaan elemen apapun tanpa ijin yang diperlukan baik di iklan maupun di website, seperti di merek, hashtag, media yang memiliki hak cipta, dan meniru secara langsung.

Kalau kamu sudah mendapatkan ijin untuk menggunakan sebuah produk yang memiliki hak cipta, kamu bisa mengunggah berkas ijinnya di Pengaturan Akun di Verifikasi Bisnis.

2. Materi iklan yang tidak konsisten

Untuk memastikan bahwa audiens memiliki transaksi yang jujur dengan kalian, TikTok mengharuskan teks, gambar, video, dan CTA yang kamu buat konsisten dengan produk atau jasa yang kamu promosikan. Hal ini termasuk dengan memastikan harga yang sama di situs web yang kamu promosikan.

Contohnya, kamu ngiklanin produk A di TikTok, tapi di website malah menunjukkan produk B. Atau semisal kamu ngasih tahu bahwa ada diskon 50% di video TikTok, eh ternyata di web diskonnya 30%. Hal ini bisa membuat konten iklanmu kena pelanggaran oleh TikTok.

3. Informasi menyesatkan

Pada kuartal kedua tahun 2021, TikTok menolak 1.829.219 iklan karena melanggan kebijakan dan pedoman dalam beriklan. TikTok ingin memastikan bahwa iklan di platformnya jujur, faktual, dan tidak menyesatkan. Sehingga, TikTok mewajibkan konten iklan tidak berisi janji yang berlebihan.

Klaim yang dibesar-besarkan bisa juga berkaitan dengan gambar yang disajikan. Selain itu, materi iklan dan web tidak boleh berisi perbandingan yang terlalu ekstrem dengan merek lain. Materi iklan yang kamu buat juga tidak boleh ada tombol yang tidak valid, yang mengarahkan pada situs lain lagi, atau teks yang misleading.

Kalau kamu ingin membaca informasi lebih lengkap agar bisa terhindar dari iklan di TikTok sering ditolak, kamu bisa baca tentang Kebijakan Iklan TikTok di Pusat Bisnis TikTok. Kamu bisa melihat juga jenis produk atau layanan yang dibatasi atau dilarang agar akun dan iklan TikTok-mu tetap aman.

Nah, itu tadi beberapa alasan iklan di TikTok sering ditolak. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut?

Selain mempelajari beberapa alasan iklan di TikTok sering ditolak, supaya iklanmu lebih maksimal lagi, kamu bisa belajar cara membuat konten iklan yang bagus bersama Argia Academy supaya iklanmu lebih dilirik sama audiens. Terarik? Baca informasinya di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x