Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Apa Bedanya?

Kabar mengejutkan datang dari CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengumumkan bahwa Facebook ganti nama jadi Meta atau Meta Platform.  Platform ini akan menyatukan aplikasi dan teknologi di bawah satu merek yang sama.  Menurut Zuckerberg, selama ini, perusahaan Facebook dikenal sebagai perusahaan media sosial. Namun, sebenarnya Facebook juga adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang, dan metaverse adalah batas berikutnya seperti jejaring sosial ketika Zuckerberg memulai perusahaannya.  Seiring dengan perubahan nama ini, banyak pertanyaan yang muncul terkait perubahan pada aplikasi media sosialnya. Salah satunya adalah, apakah ada perbedaan bagi para penggunanya? Baik dalam hal fitur atau desainnya.

Tidak ada perbedaan

facebook ganti nama jadi meta
Facebook ganti nama jadi Meta

Meskipun Facebook ganti nama jadi Meta, Zuckerberg menyampaikan bahwa Facebook akan tetap berfungsi sama seperti sebelum perusahaannya berganti nama.  Tidak akan ada perubahan dalam cara menggunakan aplikasinya.  Tidak ada fitur atau desain tata letak yang diperbaharui.  Selain itu, pedoman penggunaannya juga akan tetap sama.

Perubahan nama Facebook ganti jadi Meta tidak akan memengaruhi aplikasi Facebook lainnya, seperti WhatsApp dan Instagram. Aplikasi tersebut tidak akan mengandung nama “meta” di dalamnya. Zuckerberg ingin Facebook dikenal sebagai perusahaan teknologi dengan banyak produk dan aplikasi. Dia mengatakan bahwa dengan platform baru pengguna akan dapat melakukan hampir semua hal yang dapat mereka bayangkan. Selain itu, orang-orang dapat berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi di platform meta. Zuckerberg juga berencana untuk memasukkan crypto dan NFT ke dalam platformnya. Ia juga memastikan bahwa privasi dan keamanan pengguna akan diberikan prioritas utama.

Kenapa Facebook ganti nama jadi Meta?

Zuckerberg berkata bahwa dia menyukai kata Meta. Meta berasal dari kata Yunani yang melambangkan selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun. Dalam bahasa Yunani, ‘meta’ artinya ‘setelah’ atau ‘melampaui’. Kata metaverse pertama kali digunakan dalam buku fiksi ilmiah Neal Stephenson Snow Crash 1992, di mana manusia berinteraksi dengan perangkat lunak dalam lingkungan virtual tiga dimensi.

Baru-baru ini, kata metaverse telah dirujuk pada sejumlah karya, seperti novel Ernest Cline Ready Player One, dan film berikutnya. Saat mengusulkan idenya terkait metaverse pada bulan Juli 2021, Mark Zuckerberg menyoroti beberapa kemampuan yang dapat dimilikinya, yaitu ruang yang persisten, sinkron, mencakup dunia digital dan fisik, menawarkan interoperabilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, serta berisi ekonomi yang berfungsi penuh. Hal tersebut dimaksudkan sebagai internet yang diwujudkan. Metaverse tidak hanya terdiri dari satu perusahaan. Kini Facebook yang berganti nama jadi Meta dapat melibatkan interaksi antara yang lain seperti Roblox, Fortnite, Razer, dan banyak lagi.

Perusahaan lain yang pernah ganti nama

Bila melihat kembali ke belakang, ternyata ada sejumlah perusahaan teknologi ternama lainnya selain Facebook yang pernah mengganti nama perusahaannya. Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang pernah mengganti namanya.

Google

google ganti nama jadi alphabet

Google berdiri pada Agustus 1998 awalnya berfokus menyediakan layanan mesin pencarian saja, yaitu Google Search. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Google mulai mempunyai banyak produk lain dan merambah ke bisnis-bisnis baru. Sebelum tahun 2015, Google bagaikan perusahaan induk dari semua produk dan unit usahanya.

Pada Agustus 2015, Larry Page mengumumkan restrukturisasi dengan perusahaan induk baru bernama Alphabet. Google pun berubah menjadi salah satu unit usaha Alphabet, bersama dengan beberapa bisnis lainnya yang tidak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google, seperti riset penuaan Calico, rumah pintar Nest, dan penyedia layanan internet Fiber. Pengembangan bisnis yang dikenal dengan Google Ventures, Google Capital, dan Google X yang mencakup proyek mobil tanpa sopir, juga berpindah di bawah naungan Alphabet. Sementara itu, Google menangani bisnis “tradisional” yang selama ini memang menjadi andalannya, seperti mesin pencari, iklan, peta, YouTube, Android, dan Chrome.

Snapchat

snapchat ganti nama jadi snap inc.

Aplikasi Snapchat pertama kali diluncurkan pada bulan September 2011 di bawah naungan Snapchat Inc. Aplikasi yang didirikan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown ini bisa dibilang menjadi media sosial pertama yang menyediakan layanan berbagi video dan foto. Sehingga, tidak heran jika sejak kemunculannya di tahun 2011, Snapchat bertransformasi menjadi salah satu media sosial paling populer. Bahkan, Facebook dan Instagram turut menjiplak fitur populer Snapchat melalui fitur Instagram Stories dan Facebook Stories.

Sukses sebagai media sosial, Snapchat mulai merambah ke bisnis produksi lain, yaitu kacamata pintar Spectacles. Snapchat Inc. kemudian memilih untuk mengganti nama perusahaannya menjadi Snap Inc. pada bulan September 2016. Sejak saat itu, Snap Inc. menjadi perusahaan induk dari aplikasi Snapchat dan unit usaha dari kacamata Spectacles.

Apple

apple computer inc. ganti nama jadi apple inc.

Apple Inc. yang selama ini dikenal sebagai perusahaan pembuat iPhone, iPad, iMac, dan iPod ini pernah mengubah namanya sebanyak dua kali.

Sebelum menggunakan nama, Apple Inc., perusahaan yang dirintis Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini menggunakan nama Apple Computer Company saat pertama kali didirikan pada tahun 1976. Namun, nama itu hanya bertahan satu tahun saja. Karena, pada tahun 1977, nama perusahaan diganti menjadi Apple Computer Inc. Kata “komputer” ini digunakan dalam nama perusahaan, karena Apple awalnya memang memproduksi komputer.

Pada tahun 2007, nama Apple Computer Inc kembali diganti lagi. Kali ini menjadi lebih singkat, yaitu Apple Inc. Perubahan nama yang kedua ini dilakukan saat Apple meluncurkan produk ponsel pintar pertamanya pada tahun 2007, yaitu iPhone. Saat itu, Jobs mengumumkan bahwa  kata “Komputer” sengaja dihilangkan untuk lebih mencerminkan langkah perusahaan ke bidang elektronik konsumen yang lebih luas.

Demikian informasi tentang Facebook ganti nama jadi Meta. Kalau kalian tertarik untuk belajar digital marketing yang lebih lengkap, kalian bisa daftar di Argia Academy. Ada banyak materi tentang Facebook dan juga social media marketing lainnya. Hubungi CS melalui nomor berikut 082142334334 atau langsung melalu link berikut ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x