Cara Usaha Online

Adakah disini yang belum mengenal usaha online???? Mari kita simak pembahasannya

Sekarang banyak orang mulai mengembangkan usahanya dengan melirik toko online. Ya, selain Anda tidak perlu membayar sewa tempat layaknya saat Anda memiliki toko offline, dengan toko online justru Anda dapat mengeruk jutaan customer hanya dari rumah. Meski banyak kemudahan yang ditawarkan ketika Anda membuka toko online, namun jika tidak ada perencanaan yang matang dalam menjalankan bisnis online ini, dengan waktu singkat, usaha Anda akan cepat gulung tikar. Untuk itu, Anda harus belajar bagaimana cara jualan online dengan baik

Berikut adalah cara mengembangkan produk dan rencana bisnis:

  1. Putuskan apa yang ingin Anda jual Jika Anda ingin memulai bisnis dengan membuat toko online, tentu Anda sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan Anda jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respons yang sama ketika dijual secara online. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan matang-matang dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk Anda secara  online.

    Beberapa pertanyaan untuk memutuskan produk apa yang nantinya ingin Anda jual:
    a. Apakah produk fisik memungkinkan untuk dapat dikirim, atau apakah produk digital yang Anda jual dapat dikirim melalui internet?
    b. Anda ingin menjual berbagai macam produk, atau apakah Anda berencana untuk mengkhususkan menjual satu produk tertentu (misal seperti t-shirt atau buku)?

    c. Apakah Anda ingin memproduksi produk Anda sendiri? Jika demikian, pastikan Anda mampu mengimbangi permintaan pasar. Anda juga harus membentuk hubungan dengan penyuplai bahan dasar produk yang terpercaya. Ini merupakan salah satu cara jualan online shop yang dapat berkembang secara cepat.

    d. Memutuskan bagaimana produk Anda akan dikirim. Membuat rencana untuk mengirimkan produk dari rumah Anda secara efisien. Anda juga bisa melihat ke layanan atau jasa pengiriman, jika produk diproduksi oleh pihak ketiga.

    e. Anda harus selalu berusaha untuk efektif menyebarluaskan toko online Untuk itu, Anda perlu melakukan pendekatan terhadap orang-orang yang bergerak di bidang sejenis. Pastikan produk Anda adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Meskipun jualan online tanpa modal, namun Anda masih harus melakukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda. 

  2. Niche Market Niche Market sendiri adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer  dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko online lainnya.

    Sebelum membuka online shop, perhatikan hal berikut ini:

    a. Jangan hanya menjual produk tertentu terlebih dahulu sebelum Anda melakukan survey untuk melihat competitor. Pertimbangkan pasar online terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu tingkat persaingan dalam portal-portal toko online.

    b.
    Menawarkan sesuatu yang benar-benar asli. Jika Anda menjual kerajinan hand made, atau karya seni yang lainnya, pastikan bahwa produk tersebut kreatif, sehingga produk Anda berbeda dengan kebanyakan kerajinan yang sudah ada.

    c. Memanfaatkan keahlian Anda. Ya, hal ini merupakan sesuatu hal yang dapat membuat toko online Anda berjalan sukses.

    d. Mengatur agar proses pembelian simpel dan mudah dimengerti. Bahkan jika produk Anda sangat sudah banyak dijual oleh toko online lainnya, setidaknya Anda dapat menawarkan pengalaman belanja secara mudah dalam proses pembelian. Untuk itu, pastikan navigasi sangat mudah dimengerti.
  3. Menguji Pasar dengan Menjual Produk dalam Skala Kecil Akan lebih bijaksana jika Anda mencoba menjual produk secara offline sebelum Anda memasarkannya melalui online. Secara offline, Anda bisa menjual produk-produk tersebut dalam skala kecil di pasar, pameran, ataupun di berbagai event tertentu. Hal ini untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda.

    Hal yang harus Anda pastikan dalam menguji pasar Anda ialah:

    a. Siapa yang membeli produk Anda? Hal ini untuk melihat segmentasi pasar secara jelas dan terarah.

    b. Berapa banyak mereka bersedia membayar? Cobalah untuk menjualnya dengan harga yang berbeda-beda.

    c. Ketika produk Anda terjual, tanyakan apakah mereka puas dengan produk tersebut? Ini adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa baik produk Anda di mata customer.
  4. Membuat Perencanaan Bisnis Sebelum Anda membuat toko online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Apakah Anda berencana mendapatkan dana bantuan dari investor? Hal ini tentunya akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang akan Anda perlukan untuk membuat toko online Anda

    Berikut adalah faktor-faktor penentunya.

    a. Meskipun bisnis ini adalah cara jualan online gratis, namun tetap saja ada biaya produksi.

    b. Memetakan biaya pengiriman.

    c. Gaji karyawan (jika membutuhkan karyawan).

    d. Biaya untuk memberi nama domain dan layanan web hosting Anda.

    Macam – Macam Barang Yang Paling Laku Di jual Online
    Pada hakikatnya, semua barang dapat dijual secara online. Namun dari banyaknya barang dan produk yang ditawarkan di internet, pastinya tetap ada beberapa barang yang memang paling laku dan paling banyak diminati oleh orang-orang, khususnya di Indonesia.

    Dengan mengetahui jenis produk yang paling laris dijual secara online, tentu kita juga dapat ikut untuk menjual produk tersebut untuk mendapat keuntungan. Namun perlu diketahui juga, makin laris barang tersebut, saingan kita yang menjual barang sejenis juga semakin banyak.

    Barang yang paling terlaris dijual secara online diantaranya:
    1. Fashion
      Menurut survei yang dilakukan Google, produk pakaian merupakan barang pertama yang dibeli secara online. Banyak orang membeli produk pakaian dari internet untuk menghemat waktu. Pada umumnya pembelanja online atau konsumen online lebih ingin menghemat waktu dari pada menghemat uang.
    2. Gadget Belum lama ini sempat ramai kasus pada salah satu marketplace. Disebutkan terjadi  kesalahan pengiriman ketika seorang konsumen membeli sebuah ponsel namun yang diterima sang konsumen hanyalah sebatang sabun. Ada yang menilai itu sebuah black campaign dari pesaing marketplace lain, yang pasti, kasus tersebut membuat konsumen lebih berhati-hati dalam memilih toko online untuk berbelanja.Sebagian besar dari konsumen online ini adalah orang-orang yang sibuk bekerja di kantor dan tidak sempat untuk bepergian ke mall-mall. Terlebih biasanya jalanan diperkotaan sering macet sehingga mereka memilih melakukan pembelian secara online untuk menghemat waktu dan energi.

    3. Peralatan Elekronik Barang-barang elektronik yang biasanya sering dibeli oleh orang Indonesia dari internet adalah permainan video games, kamera, televisi, handycam, dll. Walaupun peminat dari peralatan elektronik ini tidak sebanyak peminat produk gadget, namun berjualan peralatan elektronik secara online juga cukup menjanjikan.
    4. Buku dan Majalah
      Selain untuk menghemat waktu, ada alasan lain mengapa orang lebih suka belanja online dibanding belanja offline atau mendatangi langsung toko yang bersangkutan, yaitu lebih fokus dan menghindari membeli barang lain yang tidak dibutuhkan.

      Ketika pergi ke toko buku, tentunya orang akan melihat-lihat buku selain buku yang ingin dibeli. Bisa jadi, mereka juga akan tertarik membelinya. Alhasil budget membeli buku yang awalnya sekian membengkak menjadi sekian plus-plus, karena tidak bisa menahan diri ketika melihat buku-buku tersebut.
    5. Produk Kecantikan
      Produk kecantikan wanita juga memiliki peminat yang cukup tinggi. Belanja dan wanita adalah 2 kata yang memiliki hubungan yang erat. Terlebih pada umumnya wanita ingin selalu tampil cantik. Oleh karena itu, produk kecantikan wanita akan selalu menjadi kebutuhan bulanan bagi para kaum hawa.

      Produk kecantikan yang biasanya laris manis dijual di internet ialah cream pemutih kulit, produk pelangsing, produk perawatan wajah seperti penghilang jerawat dan pemutih kulit wajah juga sangat tinggi peminatnya.
    6. Bahan Pangan Salah satu yang membuat orang malas untuk berbelanja bulanan adalah malas antri. Setelah menghabiskan waktu untuk memilih, mencari dan mengambil barang yang diperlukan, tentunya kita perlu mengantri untuk melakukan pembayaran. Terlebih jika Anda berbelanja di akhir atau awal bulan.
March 15, 2019

0 responses on "Cara Usaha Online"

Leave a Message

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

About

Argia Academy adalah sekolah teknologi dan digital marketing. Kurikulum Argia Academy disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan teknik digital marketing dan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pemasaran DIgital (Digital Marketing) Jenjang IV Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (PeraturanPresiden No.8 Tahun 2012).

Argia Academy Indonesia

contact us

Alamat: Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo Kota Blitar 66122

Telp:
– Head Office : (0342) 809 917
– Telp : 082 142 334 334

Email: 

top
X