fbpx

Cara Menghilangkan Spam Komentar di WordPress

Bagi pengguna wordpress, pasti sudah tau dong kalau WordPress memfasilitasi pengunjung website wordpress dengan kolom komentar untuk menuliskan komentar mereka di masing-masing postingan. Karena memang, komentar yang diberikan oleh para pembaca dan pengunjung menjadi cara terbaik bagi kalian untuk berinteraksi dan memperoleh feedback dari mereka. Sayangnya, fasilitas kolom komentar ini kerap kali disalah gunakan dan menjadi target para Spammer nih.

Apalagi dengan fakta bahwa sebuah wordpress setiap harinya sudah mempunya visitor atau pengunjung yang cukup banyak dan signifikan. Nah dari fakta itu, biasanya website wordpress akan rentan terkena tumpukan komentar spam yang bertebaran. Dan tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat kalian sebagai pemiliki website jengkel karena harus menghapusnya satu per satu. Dan dengan kecanggihan di era serba modern ini, para Spammer itu menggunakan software otomatis untuk menulisakan komentar dan meninggalkan link yag akan mengarahkan pembaca lainnya untuk masuk ke halaman para spammer.

Mengapa Spam Komentar Harus Dihilangkan ?

  1. Merusak reputasi

Komentar spam mengakibatkan para pengunjung berpikir panjang untuk meninggalkan komentar, karena komentarnya hanya akan dinilai kecil di antara komentar spam. Kepercayaan terhadap website kalian pun akan menurun karena faktor manajemen blog dan otoritas

  1. Menurunkan ranking SEO

Sebuah komentar spam pasti berisi sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel atau postingan. Nah, hal tersebut berarti komentar spam menjadi komentar yang tidak relevan dan membuat konsistensi dan relevansi konten sebuah halaman menurun dan berefek pada ranking.

  1. Mengakibatkan naiknya bandwidth

Komentar Spam akan mengakibatkan pengunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak dan juga mengakibatkan website menjadi lambat karena memproses banyak komentar spam.

Nah, kalau melihat dari beberapa dampak itu tentu saja kalian tidak mau terjadi pada website kalian dong. Tapi juga gak mungkin untuk menangani komentar spam itu dengan menghapusnya satu per satu. Tenang saja, karena wordpress sudah memberikan satu plugin untuk membantu kalian menangani komentar-komentar tersebut dengan mudah. Namanya plugin Akismet Anti Spam.

Akismet Anti Spam merupakan plugin yang paling banyak digunakan untuk menghentikan komentar spam. Fungsi plugin Akismet adalah mengirimkan semua komentar ke server Akismet untuk kemudian diperiksa menggunakan algoritma yang kompleks. Apabila komentar yang dikirimkan terbukti adalah spam, maka Akismet akan menyaringnya.

Bagaimana caranya? Yuk Kita Intip!

Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan plugin AKISMET

  1. Langkah pertama adalah menginstall dan mengaktifkan plugin akismet. Nah, biasanya ketika awal penginstalan wordpress, plugin akismet secara otomatis sudah terinstall ke dalam wordpress kalian. Sehingga, kalian langsung saja klik menu Plugins » Installed Plugin. Kemudian, klik Activate pada plugin Akismet.

  1. Namun, apabila memang belum disediakan pluginnya, kalian bisa menginstallnya via dashboard terlebih dahulu kemudian klik Activate
  2. Setelah plugin berhasil aktif, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi berwarna hijau. Untuk mengkonfigurasi atau mengaktifkan akun Akismet, klik Activate your Akismet Account

  1. Kemudian akan muncul halaman Akismet seperti gambar di bawah ini. Kalian akan diminta untuk menginputkan API KEY. API Key ini dibutuhkan agar Akismet dapat berfungsi dengan baik. Klik Get your API Key, apabila kalian belum memilikinya. Nah, pilihan lain, jika kalian sudah memiliki API Key, maka masukkan key tersebut ke kolom di bawahnya, dan klik Connect With API Key dan lanjut ke Nomor 11.

  1. Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman website resmi Akismet yang meminta kalian untuk membuat API key yang berfungsi untuk mengaktifkan plugin. Silahkan klik ACTIVATE AKISMET

  1. Klik Approve untuk masuk ke Akismet menggunakan akun WordPress kalian

  1. Kemudian, pilih Personal. Dan klik Get Personal

  1. Kemudian masukkan data diri kalian mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, URL Situs website kalian dan centang seluruh checkbox. Nah, jika kalian ingin yang GRATIS, maka kalian cukup geser plan menjadi $0/Year. Kemudian klik Proceed

  1. Setelah itu, kalian sudah berhasil mendapatkan API Key. Copy API KEY tersebut

  1. Kemudian, kembalilah ke dashboard wordpress kalian. Paste/Tempel API KEY tadi ke dalam kolom kemudian klik Connect with API Key


  1. Setelah itu pilih “Save Changes”dan WordPress kalian kini sudah terlindungi dari komentar SPAM.

 

 

Selamat! Kalian baru saja berhasil menginstall plugin komentar WordPress Akismet. Kini semua komentar spam akan secara otomatis disimpan di Spam Folder dan dihapus dalam waktu 15 hari. Kalian bisa segera menerapkannya dan Selamat Belajar!

10 Desember 2019
X
X