fbpx

Cara Install Platform CMS Laravel “October CMS” di Localhost

Dunia platform CMS semakin hari semakin berkembang pesat. Banyak para penggelut website beralih ke platform CMS. Tentu saja, itu karena banyak kemudahan dan keuntungan yang didapatkan para penggunanya dari berbagai platform CMS. Berkaca dari fenomena dimana minat pasar yang kian meningkat, akhirnya, semakin hari semakin banyak bermunculan platform CMS yang baru dan berdaya saing tinggi tentunya. Nah, fenomena yang seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi kalian para penggelut website dalam menentukan platform CMS mana sih yang cocok untuk digunakan ke dalam website kalian nantinya.

Untuk sekarang ini, dunia website telah dikuasai oleh 3 TOP Platform CMS, yakni WordPress, Joomla, dan Drupal. Meskipun begitu, kalian tidak boleh menutup mata akan platform CMS yang lainnya. Nah, salah satunya adalah platform CMS berbasis laravel yang sedang digemari banyak orang nih. Yap, itu adalah October CMS.

October CMS ini diperkenalkan ke publik sebagai platfrom yang cocok bagi pemula, dimana october cms menghadirkan platform yang sifatnya dasar atau basics dalam pengembangan website, dimana fokus utamanya untuk membuat alur kerja dalam pengembanagan website lebih dimudahkan lagi . Nah, karena faktor tersebut, kini semakin banyak para web developer, web designer, dan pemilik website yang beralih ke platform CMS ini. Dengan penggunaannya yang sederhana, keamanan yang kuat, dan mudahnya dalam penyesuaian ke segala jenis projek, October CMS kini mulai dilirik sebagai primadonanya CMS.

Mengapa Harus October CMS?

October CMS memiliki banyak fitur yang jarang dimiliki oleh platform lain, nah diantaranya adalah :

  1. Page Components

Fitur ini sangat membantu kalian dalam memabngun sebuah halaman atau page. October CMS telah menyediakan beberapa komponen yang sudah siap kamu gunakan untuk membangun sebuah halaman yang kalian inginkan. Kalian hanya perlu menambahkan komponen-komponen tersebut ke dalam halaman kemudian mengonfigurasinya dengan inspector atau sebuah visual tool untuk mengatur properties dari sebuah komponen di October CMS.

  1. Extensible Platform

Nah, maksud dari Extensible Platform ini adalah October CMS menjadi sebuah platform yang dimana para penggunanya dimudahkan dengan penggunaan plugin yang cukup sederhana sehingga tidak membingungkan para pemula.

  1. Simple AJAX Framework

Ini adalah salah satu fitur yang sangat terlihat dari platform CMS yang satu ini, yap, penggunaan AJAX. Hal ini sering kali menjadi hal yang pertama kali dirasakan oleh para pengguna ketika mencoba menggunakan platform ini. Hampir semuanya menggunakan AJAX

  1. Easy Administrative Interfaces

October CMS memiliki tampilan yang modern, sederhana namun elegan. Hal ini akan memberikan kenyamanan kepada kalian sebagai admin.

  1. Completely File-Based CMS Templates

Hal yang menarik lainnya dari platform ini adalah templating di October CMS bersifat file-based, yang dimana ini akan sangat membuat aktivitas  theming akan menjadi lebih mudah.

Cara Install October CMS di Localhost

Setelah mengetahui beberapa fitur yang menguntungkan kalian. Sekarang lanjut ke bagaimana menginstall October CMS di Localhost. Yuk kita intip!

Sebelum melakukan proses instalasi, pastikan system kalian memenuhi requirements berikut ini :

  1. PHP version 5.5.9 or higher
  2. PDO PHP Extension
  3. cURL PHP Extension
  4. OpenSSL PHP Extension
  5. Mbstring PHP Library
  6. ZipArchive PHP Library
  7. GD PHP Library

Apabila sudah terpenuhi, langsung saja lanjut ke proses instalasinya!!

  1. Download October CMS melalui website resmi October CMS

  1. Kemudian ekstract file zip yag sudah didownload ke folder xampp/htdocs
  2. Klik Start pada Apache dan MySQL di dalam XAMPP Control Panel
  3. Masuk ke dalam phpmyadmin melalui url localhost/phpmyadmin . kemudian klik New. Masukkan nama database, ini bersifat bebas dan untuk collation nya menggunakan utf8_general_ci. Kemudian klik Create.

  1. Buka browser kalian, kemudian ketikkan url dari folder hasil extract tadi, localhost/namafolderoctobercms
  2. Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Klik install.php

  1. Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke proses intalasi October CMS. Pertama platform akan melakukan System Check. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah sytem kalian sudah memenuhi syarat atau belum. Jika semua syarat sudah terpenuhi, klik Agree & Continue. Namun, jika ada syarat yang belum terpenuhi, silahkan persiapkan dulu karena instalasi tidak akan bisa dilakukan jika requirement-nya tidak terpenuhi.

  1. Kemudian, akan muncul halaman seperti ini, dimana kalian harus melengkapi Configuration-nya. Pertama, lengkapi data dari Database kalian. Untuk Database username isikan root , dan passwordnya kalian kosongi saja. Nah, untuk bagian Database Port nya kalian bisa melihat melalui XAMPP Control Panel

  1. Setelah itu, klik Administrator. Isi seluruh kolom sesuai dengan keinginan kalian. Kemudian klik Advance. Biarkan, jangan melakukan perubahan apa-apa

  1. Kemudian klik Continue

  1. Selanjutnya, kalian diminta untuk memilih cara dalam melakukan setup website kalian, disini kalian pilih Start From Theme. Pilihan ini memungkinkan kalian untuk memilih tema sesuai dengan keinginan, dan tentunya bisa diganti sewaktu-waktu melalui halaman backend.

  1. Kemudian pilih Tema / Theme yang ingin kalian terapkan di dalam website kalian nantinya. Caranya, klik Install >> Confirm

  1. Secara otomatis, October CMS akan melakukan proses instalasi. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

  1. Setelah proses instalasi selesai, maka kalian bisa langsung menggunakan October CMS untuk membangun website kalian. Untuk masuk ke dalam back-end atau dashboard ketikkan url localhost/namafolder/backend. Sedangkan, untuk melihat tampilan website, ketikkan url localhost/namafolder.

 

Nah, itu tadi bagaimana cara menginstall platform cms laravel “OCTOBER CMS” ke dalam localhost. Kalian bisa mencobanya dan Selamat Belajar!!

25 September 2019

0 responses on "Cara Install Platform CMS Laravel “October CMS” di Localhost"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X