fbpx

Bisnis Digital

Hallo, belajar bisnis digital bareng aku yuk !

Bisnis Digital ialah aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Adwords, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

Jenis Bisnis Digital

Secara umum, bisnis digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis digital murni, versi digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital, dan hybrid. Mari kita bahas satu per satu.

Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatan software secara luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis, dan lain-lain.

  • Versi digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang menawarkan versi digital dari barang/jasa yang biasanya dijual dalam bentuk fisik, seperti menjual e-book, e-journal, dan e-comic.
  • Fasilitator digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang memfasilitasi bisnis barang dan jasa menggunakan teknologi digital, seperti online shop.
  • Hybrid merupakan kombinasi penggunaan berbagai jenis bisnis digital untuk memaksimalkan pendapatan.

Mengetahui dan memahami jenis-jenis bisnis digital ini sangat penting, karena setiap jenisnya memiliki cara pemasaran dan target pasar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi yang sesuai. Bisnis digital juga memiliki basic service yang berbeda, seperti media sosial (social media), pencarian dan analisis (search and analytics), pengaturan konten web (web content management), digital content provider, distribusi dan pengiriman (distribution and delivery), aplikasi hiburan, dan lainnya.

Peluang Usaha di Bidang Digital

  • Web Development

Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang hampir digunakan di semua bidang, menjadi web designeradalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Memang tersedia layanan pembuatan web gratis, tapi website berbayar memiliki lebih banyak keunggulan.

Selain dari tampilan yang lebih baik, web berbayar juga memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga promosi produk akan lebih menarik dan efektif. Keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 80% dengan prospek yang sangat menjanjikan. Belum punya keahlian? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak.

  • Membuat Startup

Startup adalah istilah atau sebutan bagi pengusaha yang tengan merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan yang lainnya. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat.

  • Membuat blog yang menarik dan menghasilkan

Ini adalah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hanya dari menulis mengenai hobi dan kisah hidup yang bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, Anda bisa menambah penghasilan bulanan. Ada banyak cara supaya blog yang dibuat bisa menghasilkan, di antaranya komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan iklan di dalam blog Anda. Tapi untuk hal yang satu ini, tentu diperlukan trafficyang tinggi agar orang mau memasang iklan pada blog Anda.

Menulis review tentang produk lain yang akan dibayar oleh si empunya produk. Atau bisa juga Anda membuat blog khusus untuk produk yang Anda jual. Satu lagi, menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) di mana Anda akan dibayar per klik.

  • Membuat dan menjual produk informasi digital

e-book dengan materi yang bermanfaat, e-comic juga sebagai salah satu tampilan baru komik masa depan. Dengan strategi penjualan yang provokatif, dijamin akan terjual dengan baik. Sesuaikan kontennya dengan topik yang sedang hot dan bermanfaat sesuai dengan target pasar yang akan dituju.

  • Menyediakan jasa desain grafis

Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti Sribulancer, 99designs, dan Fiverr. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan semakin mahir dan hasilnya berkualitas.

  •  Menjual plugin dan template WordPress

Salah satu mesin blog yang ramai dipakai adalah WordPress. Hal ini dikarenakan maintenancedan modifikasinya yang tidak begitu sulit. Seiring meningkatnya penggunaan WordPress, maka permintaan terhadap template dan plugin juga meningkat. Ini merupakan ide peluang usahayang bisa dimanfaatkan. Selain niat dan kerja keras, tentunya juga dibutuhkan keahlian untuk membuat web, seperti HTML/CSS/JS, PHP, dan lain-lain.

  • Menjadi penulis konten/artikel SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari beberapa lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, telah dihighlight bahwa konten menarik dengan SEO akan lebih menaikkan traffic dan semakin direkomendasikan oleh mesin pencari, seperti Google, di halaman pertama mereka. 

  • Membangun agensi pembuatan artikel dan konten

Kalau Anda memiliki modal yang cukup dan tim penyuntingan agar naskah lebih baik lagi, Anda boleh mencoba bisnis yang satu ini. Anda hanya perlu memasang iklan untuk mencari dan menyeleksi orang yang berkompeten dalam penulisan konten SEO yang baik. Beberapa editor diperlukan agar menjaga kualitas tulisan dan memerlukan pemasaran yang baik supaya diketahui oleh banyak orang. Kini, banyak startup yang berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.

  • Membuat Aplikasi mobile

Sudah pernah mendengar kisah inspiratif kuli panggul yang berhasil membuat aplikasi permainan dan mendapatkan penghasilan yang besarnya jauh berkali lipat dari hasil kuli panggulnya dulu? Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal belajar dengan sungguh-sungguh saja. Akan ada profit sharing dari pemasangan iklan yang didapatkan dari Google Admob.

  • Membuat software

Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source.

  • Menyediakan jasa internet marketing

Paket usaha yang satu ini tengah booming di masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

  • Media Sosial

Semakin hari, media sosial semakin berkembang. Dulu hanya Friendster, sekarang ada Facebook, Instagram, Path, Line, dan masih banyak lagi.

  • Be a YouTuber

Suka mengupload video dan membaginya di YouTube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video yang viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang Anda dapatkan. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan yang akan muncul jika penonton menekan tombol klik. Saat membuat video, Anda bisa menggunakan teknologi IT, supaya hasil video lebih jernih dan lebih indah.

Sumber referensi
http://www.ruangfreelance.com/ide-peluang-usaha/
https://karinov.co.id/mengenal-apa-itu-digital-marketing/

15 Maret 2019

0 responses on "Bisnis Digital"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X