fbpx

Belajar Internet Marketing untuk Pemula

via google

         Internet marketing adalah pemasaran online lewat internet yang dilakukan oleh pemilik usaha atau pebisnis. Banyak orang yang beragapan internet marketing adalah jual barang secara online. Padahal jika dijelaskan sangat luas tidak sekedar promosi untuk berjualan. Tapi, mempromosikan website atau blog yang berisi tutorial atau artikel bukan hanya jual barang dan jasa juga termasuk dalam internet marketing.

JENIS – JENIS INTERNET MARKETING

  • Search Engine Marketing (SEM)
via google.com

      SEM adalah cara melakukan pemasaran online (internet marketing) dengan optimasi search engine baik menggunakan SEO atau PPC (beriklan).

Pada dasarnya SEM dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Search Engine Optimization (SEO)
via google.com

     Bentuk pemasaran ini menurut kami adalah nomor satu yang menjadi tujuan para pegiat internet marketing. Karena SEO untuk ditujukan agar website, review produk maupun artikel dapat menempati pada halaman satu bahkan peringkat pertama pada mesin pencari. Optimasi SEO dibagi menjadi dua yaitu optimasi SEO OnPage dan SEO OffPage. Dengan pemasaran menggunakan jenis ini saja kita sudah dapat meraup keuntungan banyak.

  • Pay Per-Click (PPC)
via google.com

      PPC adalah sebuah cara atau teknik pemasaran dengan cara mengiklankan produk atau website kita. Contoh mengiklankan website kita pada Google Adword. Dengan menggunakan jenis internet marketing ini dapat langsung menargetkan dengan detail sasaran anda. Mulai dari usia, Negara, bahasa dan masih banyak yang lain.

  • Social media marketing
via google.via

       Sosial media marketing adalah cara melakukan pemasaran yang memanfaatkan lalu lintas didalam social media. Seperti Google+, Facebook, twitter, line, instagram, whatApps dan masih banyak yang lainnya.

  • Referral marketing
via google.com

       Referral marketing adalah sebuah metode untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada konsumen baru dengan cara memberikan referensi. Contoh jika kita membeli produk di dewaweb.com pada halaman clientarea aka nada menu affiliate program. Menu ini digunakan sebagai ide pemasaran oleh dewaweb.com agar produk mereka lebih menjadi terkenal.

Keuntungan menggunakan referral marketing :

  1. Mengurangi anggaran penjualan dan pemasaran dengan focus pada pelanggan yang puas terhadap produk dan layanan. Pelanggan yang puas diberikan kemudahan akses untuk mereferensikan produk atau layanan kepada orang lain.
  2. Meningkatkan siklus penjualan dengan menghasilkan lebih banyak qualified leads (calon customer)
  3. Memastikan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan jumlah pembelian berulang (repeat order) dari customers dan referrals.
  4. Referral marketing umumnya memiliki angka konversi (conversion rate) yang tinggi dengan biaya akuisisi customer yang rendah.
  5. Menghasilkan ROMI (return on marketing investment) yang lebih tinggi.
  6. Email marketing
via google.com

       Pemasaran ini memanfaatkan media surat elektronik dalam mempromosikan produk atau jasa. Pihak perusahaan akan melakukan pemasaran secara langsung dengan cara mengirimkan pesan yang ditujukan ke alamat email pelanggan.

  • Inbound marketing
via google.com

       Inbound marketing adalah sebuah metode pemasaran dengan cara memperbaiki kualitas konten yang lebih berkualitas pada sebuah website sehingga konsumen lebih puas.

DASAR – DASAR INTERNET MARKETING

  1. Riset produk
via google.com

      Pertama jika kita ingin bersaing atau terjun didunia IM yang kita perlukan adalah riset produk apa yang akan kita jual baik berupa barang, jasa maupun menjual pengetahuan yang kita miliki seperti membuat blog atau membuat video (hampir sama seperti jasa). karena kita belajar internet marketing berarti kita juga perlu mengetahui area internet marketing itu sendiri yaitu internet.

Untuk riset banyak berbagai macam alat. Berikut ini alat yang sering digunakan :

  • Google trend, digunakan untuk mencari apa yang sedang naik daun dunia internet.
  • Google keyword planner, digunakan untuk membantu riset keyword atau kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh konsumen.
  • Riset pesaing
via google.com

       Setelah kita produk yang cocok untuk kita pasarkan, langkah selanjutnyayaitu meriset  pesaing. Untuk meriset pesaing dalam hal ini kita riset website pesaing maka banyak yang lain.

  • Riset tempat promosi
via google.com

        Maka kita perlu riset contohnya jika ingin berpromosi pada facebook ya kita riset difacebook, jika ingin promosi di twitter ya kita perlu riset di twitter.

SUMBER : https://portal-uang.com/2016/11/belajar-internet-marketing-gratis-pemula.html

8 Maret 2019

0 responses on "Belajar Internet Marketing untuk Pemula"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X