7 Aturan Baru Shopee Affiliate! Kalian WAJIB Tahu!

aturan baru shopee affiliate
aturan baru shopee affiliate
Aturan baru Shopee Affiliate

Shopee merupakan sebuah marketplace yang cukup populer di Indonesia. Mereka mempunyai sebuah program afiliasi yang mengijinkan kita untuk mendapatkan komisi dari hasil pembelian melalui link Shopee yang kita sebarkan. Namun, baru-baru ini Shopee merilis beberapa Aturan Baru Shopee Affiliate. Catat ya! Karena, jika kalian melanggar aturan ini, akun kalian bisa ditangguhkan oleh Shopee.

Aturan Baru Shopee Affiliate

Ada beberapa aturan baru program affiliate dari Shopee yang harus kalian ketahui. Jika kalian melanggar aturan ini, kalian bisa saja di-banned dari Shopee dan akun kalian bisa dihapus. Jika sudah begini, kalian akan sulit untuk mendapatkan cuan dari Shopee Affiliate. Nah, apa sajakah aturan barunya?

1. Dilarang keras share link toko sendiri

Jika kalian berjualan di Shopee, kemudian akun toko kalian didaftarkan juga sebagai Shopee Affiliate dengan tujuan agar kalian mendapatkan komisi ganda dari penjualan di toko kalian dan dari afiliasi, maka hal ini merupakan sebuah pelanggaran yang serius.

Kalian juga tidak boleh share link produk dari toko kalian sendiri. Jika kalian melakukan hal tersebut, kalian bisa di-banned atau akun kalian akan dihapus oleh pihak Shopee.

2. Dilarang mencomot konten milik konten kreator lain

Kalian tidak boleh mengambil konten yang dibuat oleh konten kreator lain. Contohnya, seorang konten kreator membuat konten untuk Shopee Affiliate, seperti konten haul contohnya. Kemudian, seseorang lain mengambil kontennya tersebut dan mengunggah ulang konten tersebut. Namun, link yang diberikan adalah link Shopee Affiliate dia sendiri. Jika hal ini diketahui oleh kreator terkait, dia bisa melaporkan hal ini kepada Shopee.

Setelah laporan diterima dan diperiksa oleh Shopee, akun kalian bisa dihapus. Dan tentu saja ini berbahaya jika komisi kalian sudah banyak di sana. Kalian jadi tidak bisa mencairkan komisi yang sudah kalian dapatkan. Sehingga, sebisa mungkin kalian harus bisa mematuhi aturan baru Shopee Affiliate ini.

Kedua hal perlu diperhatikan oleh kalian yang merupakan seorang affiliator dan juga seorang kreator. Jika konten kamu dicomot oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tanpa ijin, kalian bisa melaporkan hal tersebut kepada Shopee. Supaya hal tersebut bisa ditindak tegas oleh Shopee dan kejadian yang sama tidak terjadi kepada kreator yang lain dan tentunya kalian sendiri.

Kebijakan Baru Shopee Affiliate

Ada beberapa kebijakan lain yang diluncurkan oleh Shopee. Kebijakan ini sudah ada sejak lama, namun ada beberapa aturan baru Shopee Affiliate yang perlu kalian ketahui. Agar kalian terhindar dari beberapa pelanggaran yang bisa membahayakan akun Shopee kalian. Ada 6 kebijakan Shopee Affiliate, apa saja itu?

  • Dilarang keras mempromosikan produk yang terlarang dan dibatasi. Jika kalian sudah melakukannya, maka kalian wajib menghapus konten tersebut. Jika tidak, maka komisi kamu tidak bisa dicairkan. Tipsnya, kalian bisa menjual barang yang jelas amannya. Seperti, produk fashion, skincare yang jelas sudah punya nama dan bersertifikat BPOM, dan sejenisnya.
  • Dilarang keras menyalahgunakan logo Shopee. Contohnya, kalian membuat konten Shopee haul, kemudian kalian tambahkan logo Shopee dengan iming-iming diskon atau cashback padahal sebenarnya promo tersebut tidak ada. Jika kalian melakukannya, kalian akan mendapatkan peringatan dan harus menghapus konten terkait.
  • Melanggar hak cipta dan keaslian. Pastikan konten kalian benar-benar original dari kalian. Atau paling tidak pastikan kalian mengantongi ijin dari yang mempunyai foto produk tersebut. Untuk pinaltinya, Shopee mengikuti aturan yang tertulis di UU no. 28 thn. 2014 mengenai hak cipta. Dan akun kalian akan di-banned.
  • Dilarang mengunggah konten vulgar, pornografi, diskriminatif, dan kekerasan. Jika kalian melakukannya, maka kalian harus menghapus konten tersebut. Jika tidak, maka komisi kalian tidak akan bisa dicairkan.
  • DIlarang mengunggah konten SARA (Suku, Agama, dan Ras). Pinaltinya adalah kalian mendapatkan peringatan dari Shopee dan harus menghapus konten tersebut.
  • Tidak boleh spam. Jika kalian melakukan hal ini akan ada pemblokiran akun Shopee Affiliate kalian.

Jenis pelanggaran di atas akan selalu diperbaharui seiring berjalannya waktu oleh Shopee. Untuk itu, kalian harus sering memperhatikan pemberitahuan dari Shopee agar tidak ketinggalan aturan baru dari Shopee Affiliate.

Demikian informasi tentang aturan baru Shopee Affiliate dari kami. Kalau kalian ingin menggeluti bidang marketplace secara lebih mendalam, kalian bisa belajar lebih lengkap di Argia Academy. Daftar di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x