5 Plugin Anti Adblock di WordPress Terbaik

Kalian pasti sudah paham betul bahwa kehadiran internet tentu saja menjadikan semua aspek menjadi mudah dan efisien. Salah satunya adalah internet mampu menjadi ladang baru bagi para blogger meraup keuntungan. Memangnya bisa? bisa dong, karena kalian bisa mendapatkan keuntungan dari mereka yang mengiklankan produk atau jasa di channel website kalian.

Iklan Di Website menjadi Ladang Penghasilan

Blogger sekarang ini bisa diibaratkan sebagai koran dalam bentuk digital, namun beritanya lebih beragam dan mudah dicari ketimbang koran harian. Para blogger sendiri ternyata mendapatkan keuntungan dari membagikan informasi-informasi tersebut. Keuntungan itu didapat dari iklan yang tampil di blog bersangkutan. Setiap kali terjadi klik pada iklan, maka para blogger akan mendapatkan komisi. Dari iklan tersebutlah sebuah blog dapat terus berkembang dan tetap terus hidup.

Namun sayangnya, iklan yang tampil di suatu blog dipercayai mengganggu kenyamanan pembaca dalam membaca informasi yang ada. Oleh karena itu, banyak para developer akhirnya menciptakan berbagai macam software anti iklan (AdBlocker) untuk website. Sehingga, para pengguna inernet berbondog-bondong memasang software adblocker untuk menghilangkan iklan di web browser.

Munculnya Banyak Software Adblocker

Memang dengan memasang Adblocker akan menguntungkan bagi pengguna karena mereka akan terbebas dari iklan yang mengganggu dan tanpa adanya iklan yang terlihat akan menjadikan pengalaman browsing yang lebih cepat. Namun hal tersebut akan sangat merugikan di sisi pemilik blog yang mengandalkan iklan sebagai penghasilan mereka, dengan semakin banyaknya pengguna menggunakan adblock maka secara otomatis banyak pengunjung yang tidak melihat iklan dan ini dapat menurunkan pendapatan pemilik blog secara signifikan.

Namun, jangan gundah jangan risau, karena jika kalian membangun blog menggunakan CMS WordPress ada solusi yang dapat mengatasi fenomena tadi nih. Apa? Yap dengan memasang plugin Anti AdBlocker. Dengan memasang plugin ini ke dalam website atau blog kalian, maka dapat dipastikan bahwa iklan yang terpasang akan terlihat oleh pembaca atau pengunjung serta dapat mematikan addons atau ekstensi adblock yang mereka pasang saat mengunjungi blog kalian.

Berikut ini akan kita simak bareng-bareng, 5 Plugin Anti AdBlock yang patut direkomendasikan untuk kalian pengguna WordPress. Apa saja? Yuk kita intip

Baca Juga : 5 Plugin Page Builder WordPress Terbaik

5 Plugin Anti Adblock Terbaik di WordPress

1. AdBlock X

AdBlock X merupakan salah satu plugin yang menawarkan fitur anti-adblocker yang banyak digunakan pengguna WordPress. Dengan plugin ini kalian dapat melihat data secara mendetail mengenai pengunjung unik, pengunjung yang kembali, hingga melihat tayangan halaman dengan penghambat iklan aktif. Selain itu data ragam pengguna yang lain juga bisa terlihat seperti mengetahui pengguna mana saja yang menonaktifkan pengeras suara dan lain sebagainya.

Fitur :

  • Lacak pengunjung yang unik, yang datang kembali mengunjungi blog, dan tayangan halaman dengan software pemblokir aktif
  • Lacak pengunjung yang mematikan pemblokir iklan
  • Portal interaktif dengan opsi penyortiran dan penyaringan
  • Lihat data harian dalam bentuk kisi atau grafik
  • Lihat pengunjung berdasarkan perangkat yang digunakan
  • Beraksi ketika pengunjung memakai pemblokir iklan
  • Download laporan data dalam bentuk spreadsheet

Harga : GRATIS

Download Plugin

2. Simple AdBlock Notice

Simple AdBlock Notice adalah jenis plugin anti-adblock sederhana yang bekerja dengan cara menampilkan popup ke pengunjung yang mengaktifkan adblock, popup tersebut berisi peringatan agar pengguna adblock memasukkan website anda ke daftar putih. Selain itu, kalian juga dapat mengatur dengan mudah berapa lama waktu popup peringatan tersebut ditampilkan.

Fitur :

  • Plugin ini memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk mengganti teks pemberitahuan atau judul
  • Pengguna dapat menonaktifkan pemberitahuan iklan untuk halaman website tertentu yang tidak memiliki iklan di dalamnya
  • Memiliki dua mode anti adblock :

A. Strict Mode

Kalian dapat menyembunyikan seluruh situs website jika pengguna tetap menggunakan adblock. Untuk melihat website, mereka harus menonaktifkan adblock terlebih dahulu.

B. Sticky Note

Kalian dapat menampilkan pemberitahuan kepada pengunjung dengan menghilangkan iklan yang ada di website selamanya, namun harus membayar.

Harga : GRATIS, dan $5 untuk Simple Adblock Notice Pro

Download Plugin

3. Ad Blocking Detector

Plugin anti adblock WordPress ini akan dengan cerdas menentukan siapa yang pengunjung yang menggunakan adblocker di browser mereka dan memastikan bahwa mereka melihat kumpulan konten lain untuk menghindari ruang kosong. Plugin ini menawarkan pilihan untuk menetapkan dua jenis konten yang berbeda untuk satu bagian, satu untuk pengguna tanpa adblocker dan satu lagi untuk pengguna adblocker.

Fitur :

  • Plugin mengizinkan penggunanya untuk mengedit tampilannya dnegan CSS atau kode Javascript
  • Plugin ini dapat mendeteksi ekstensi browser adblock seperti AdBlock, AdBlock Plus, dan Ghostery
  • Kompatibel dengan wordpress multisite

Harga : GRATIS

Download Plugin

4. Adblock Notify

Adblock Notify adalah plugin WordPress anti adblock yang sederhana dan efektif. Cukup baik untuk mendeteksi pengguna yang menggunakan adblocker dan menampilkan pesan khusus pada pengunjung untuk menonaktifkan adblock yang mereka gunakan. Plugin ini ramah seluler, dan Anda dapat memanfaatkan plugin ini pada jenis perangkat apa pun.

Fitur :

  • Mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi pop up dengan memilih template yang sudah tersedia, memberikan judul, animasi, warna, dan masih banyak lagi
  • Pengguna dapat mengirim pop up pada waktu tertentu selama pengunjung mengunjungi website
  • Lengkap dengan add-on yang dapat men-track performance dengan disajikan dalam bentuk statistik mengenai efek dari penggunaan plugin ini pada website

Harga : GRATIS

Download Plugin

5. AdUnblocker

Plugin AdUnBlocker ini mendeteksi apakah Google AdSense berjalan atau tidak. Dan jika tidak, plugin akan membagikan pesan kepada pengguna kalian, untuk mohon meminta mereka untuk mengaktifkan iklan dengan menambahkan blog atau situs web kalian ke whitelist di plugin pemblokir iklan yang mereka gunakan.

Fitur :

  • Pengguna dapat menyesuaikan pesan dengan 3 tata letak yang berbeda
  • Dapat mengatur waktu tunda atau duras popup anti adblock ketika pengunjung mengunjungi situs website
  • Menyediakan panel admin yang mempermudah dalam melakukan pengaturan

Harga : GRATIS

Download Plugin

Nah itu tadi diantaranya 5 plugin anti adblock yang bisa kalian gunakan untuk tetap melancarkan pundi-pundi rezeki di website kalian. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan website dan selamat mencoba. Selamat Belajar!