fbpx

Usaha Online Yang Menguntungkan

Saat ini banyak anak muda yang pengangguran karena kemalasan. Untuk menyiasati hal itu maka kita bisa lakukan pekerjaan yang dilakukan dirumah, di antaranya pekerjaan itu ialah

1. Jadi Pengiklan Website (Ads Publisher)

Bisnis online rumahan yang tidak membutuhkan modal banyak adalah menjadi seorang pengiklan website. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak. Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis pengiklan website. Sebab bisnis ini dirasa simpel dan menguntungkan. Anda bisa membuat website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nantinya, bisa ditambahkan iklan atau ads.

2. Sebagai Pembangun List (Listbuilding)

Bisnis online yang kedua adalah membuat list building. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya saja Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik. Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan. Dan data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor WhatsApp, BBM, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

3. Memasarkan Produk sebagai Affiliate Marketer

Bisnis dengan minim modal lainnya adalah menjadi affiliate marketer. Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan list building dan bisnis ini juga memiliki target pasar. Anda harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi.

4. Membangun Online Shop/Toko Online

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya, toko adalah sebuah bangunan yang di dalamnya tertata rapi barang-barang dagangan, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Namun, lain halnya dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko. Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara. Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online. Sebab orang hanya tahu nama Anda atau nama toko saja dan itu pun melalui dunia maya.

5. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa

Peluang bisnis online rumahan tanpa modal lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, Anda tidak membutuhkaan waktu yang lama untuk mendapatkan uang. Waktu bekerja, waktu duduk, Anda sendirilah yang akan menentukannya. Dalam bisnis online rumahan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan tentunya koneksi internet yang lancar.

Manfaat Bisnis Online Rumahan

  1. Dapat menjangkau konsumen lebih luas

Berbisnis online berbeda dengan berbisnis offline. Saat berbisnis online, Anda tidak membutuhkan tempat untuk berjualan. Anda dapat menjalankan transaksi kapan pun dan di mana pun. 

Selain itu, jangkauan konsumennya juga lebih luas. Bahkan, Anda bisa menjajakan produk yang dijual ke negara lain dalam waktu yang bersamaan.

Untuk memperluas jangkauan, Anda perlu membangun bisnis online yang menjangkau beberapa negara. Misalnya, negara di kawasan Asia Tenggara. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan juga akan meningkat.

2. Efisien dalam hal biaya

Saat menjalankan bisnis online, Anda tidak membutuhkan lahan untuk menyimpan dan meletakkan produk yang dijual. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. 

Selain itu, Anda juga dapat meminimalkan biaya pemasaran dan biaya tenaga kerja. Sebab, bisnis online bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan para karyawan. 

Lain halnya saat bisnis online kecil-kecilan telah berubah menjadi bisnis online yang besar. Tentu Anda membutuhkan karyawan untuk mengembangkan bisnis.

3. Diversifikasi produk

Membuka bisnis online membantu Anda untuk melakukan diversifikasi produk. Artinya, produk yang dijual tidak hanya satu jenis saja, tetapi puluhan jenis. 

Namun, bisnis yang dijalankan harus punya spesifikasi agar pemasarannya lebih efektif. Misalnya, bisnis pakaian yang meliputi baju, celana, jaket, dan lain sebagainya.

4. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjalankan bisnis secara online dapat meminimalkan biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya tenaga kerja, biaya sewa, biaya pemasaran, dan biaya transportasi. 

Modal yang Anda perlukan hanya sebatas modal untuk membangun konten, website, dan biaya internet untuk menjual produk di media sosial.
Beberapa pebisnis online bahkan mengaku tidak mengeluarkan modal saat memulai bisnis. Artinya, bisnis online dapat dilakukan dengan modal Rp0.

5. Waktunya lebih fleksibel

Salah satu tantangan saat berbisnis ialah banyaknya waktu yang tersita untuk mengembangkan bisnis. Namun, ini tidak akan terjadi saat Anda menjalankan bisnis online. Fleksibilitas waktu memungkinkan Anda dapat menggeluti bisnis kapan pun dan di mana pun. 

Baik di rumah, di kantor, di tengah jalan, di restoran, tidak ada batasan ruang dan waktu. Dengan begitu, Anda memiliki banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

6. Transaksi cepat

Perkembangan teknologi memudahkan manusia untuk beraktivitas, termasuk saat menjalankan bisnis. Salah satu contohnya saat proses transaksi. Dibandingkan 10 tahun lalu, teknologi pembayaran saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. 

Pembeli kini dapat menyelesaikan transaksi di mana pun ia berada. Dengan begitu, proses pengiriman barang pun dapat dilakukan dengan cepat oleh si penjual.  

7. Pemilik bisnis adalah bos

Pekerjaan sebagai pebisnis menuntut Anda untuk berindak sebagai bos. Baik keputusan, peraturan, maupun mekanisme kerja, semuanya diatur sendiri. Selain berlaku sebagai bos, Anda juga berlaku sebagai orang yang menjalankan bisnis. 

Ya, membuka bisnis online membuat Anda merangkap dua pekerjaan sekaligus. Untuk itu, kelihaian dalam mengelola bisnis itu penting agar bisnis dapat berjalan lancar.

Lakukan transformasi sedini mungkin

Itulah keuntungan yang didapatkan dengan membuka bisnis online. Hasil survei membuktikan bahwa banyak orang yang lebih suka berbisnis online dibandingkan membuka toko. Selain lebih hemat, keuntungan yang diperoleh juga jauh lebih besar karena pangsa pasarnya juga lebih luas. 

Apabila bisnis yang Anda miliki masih berstatus bisnis offline atau bisnis rumahan, lakukan transformasi sedini mungkin dan raih keuntungan yang lebih besar. (ren)

sumber referensi

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/23/140000726/6-jenis-peluang-bisnis-online-rumahan-tanpa-modal

https://www.viva.co.id/arsip/1010616-tujuh-keuntungan-bisnis-rumahan-dipasarkan-online

https://www.viva.co.id/arsip/1010616-tujuh-keuntungan-bisnis-rumahan-dipasarkan-online
15 Maret 2019

0 responses on "Usaha Online Yang Menguntungkan"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X