fbpx

Cara Mengatasi Error “The Site Experiencing Technical Difficulties” di WordPress

Kalian pengguna WordPress? Pasti pernah dong mengalami beberapa masalah teknis. Meskipun sudah terkenal dengan julukan The King fo CMS Platform, WordPress tetap saja tidak akan terlepas dari permasalahan teknis yang kadang cukup memutar otak para penggunanya nih. Nah, salah satunya adalah error dimana kalian akan menjumpai layar kosong dengan tulisan “The Site is Experiencing Technical Difficulties”.

Error ini mungkin kalian jumpai ketika sedang proses update wordpress yang terbaru kali ini, yakni versi 5.2 atau mungkin ketika kalian melakukan login ke dashboard wordpress versi 5.2 dan ke atas. Pada dasarnya, error tersebut mirip dengan “white screen of death” di versi terdahulu wordpress.

Apa sih penyebabnya? Ini dia beberapa penyebab terjadinya error “The Site is Experiencing Technical Difficulties” :

  1. Versi PHP yang tidak didukung lagi
  2. Tema dan plugin yang sudah tidak update
  3. Error pada saat menginstall atau memperbarui tema maupun plugin
  4. Tema dan Plugin yang tidak mendukung satu sama lain

 

Cara Mengatasi Error “The Site is Experiencing Technical Difficulties”

 

  1. Periksa Email Kiriman dari WordPress

Jika kalian menemukan error yang bertuliskan “The Site is Experiencing Technical Difficulties. Please check your site admin email inbox for instructions”, maka sesuai dengan tulisannya tersebut, periksalah email kalian. Email yang dikirimkan WordPress adalah pesan yang berisi error log, yang menunjukkan penyebab dashboard kalian tidak dapat diakses. Biasanya, error seperti ini berhubungan dengan salah satu plugin. Jika kalian tidak menemukan emailnya, cek bagian folder spam.

 

  1. Perbaikan Melalui Plugin

Salah satu penyebab error ini adalah plugin WordPress kalian. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba untuk mengganti nama folder plugin. Caranya :

  1. Masuk ke dalam file manager website kalian
  2. Masuk ke public html » wp-content » plugins
  3. Ganti nama plugins yang kalian gunakan satu persatu. Misalnya, kalian tambahkan tulisan “backup” dibelakang nama folder plugin. Nah, cara ini digunakan ketika kalian belum tau plugin mana yang bermasalah
  4. Kemudian, buka kembali website kalian, apakah masih terjadi error yang sama atau tidak. Kalau masih error, berarti plugin kalian tidak bermasalah

 

  1. Perbaikan Melalui Tema

Selain plugin, tema WordPress kalian juga bisa menjadi penyebab munculnya error ini. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba untuk mengganti nama folder tema dengan cara yang sama seperti perbaikan melalui plugin diatas. Caranya :

  1. Masuk ke dalam file manager website kalian
  2. Masuk ke public html » wp-content » themes
  3. Ganti nama folder tema yang sedang aktif atau yag sedang digunakan di dalam website kalian. Misalnya, kalian tambahkan tulisan “backup” dibelakangnya.
  4. Kemudian, buka kembali website kalian, apakah masih terjadi error yang sama atau tidak
  5. Apabila cara ini tidak berhasil, kalian perlu menghubungi customer support atau developer tema yang kalian gunakan

 

  1. Update Versi PHP

Beberapa dari kalian pasti mungkin tidak terlalu memperhatikan versi PHP yang kalian gunakan. Dan, hal tersebut sangat berdampak di WordPress versi 5.2 nih. Karena, WordPress 5.2 menganjurkan kalian utnuk menggunakan PHP versi 7.1 atau 7.2.

Cara memperbarui atau mengupdate versi PHP di Control Panel adalah :

  1. Masuk ke dalam cPanel website kalian
  2. Pilih di kategori Software » Select PHP Version. Jika kalian menggunakan versi lama, klik kotak di bawah tulisan Current PHP Version » Set as current

 

 

Nah itu tadi bagaimana cara mengatasi error “The Site is Experiencing Technical Difficulties”, ada beberapa cara yang bisa kalian coba. Semoga error kalian berhasil teratasi dan Selamat Belajar!

17 Desember 2019

1 responses on "Cara Mengatasi Error “The Site Experiencing Technical Difficulties” di Wordpress"

  1. If some one wants expert view on the topic of blogging and site-building after that i
    recommend him/her to go to see this weblog, Keep up the nice
    work.

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

X
X