fbpx

Bisnis Online Shop

Bisnis Online Shop ,Nama ini Mungkin Sudah tidak asing lagi untuk didengar. Tetapi untuk Pemula Jangan Khawatir ,Simak sekilas tentang Bisnis Online Shop Berikut😊😉

    Dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, kini pendapatan utama terkadang tidak mencukupi. Dengan demikian, kamu dipaksa untuk mencari alternatif pemasukan lain, misalnya saja dengan bisnis sampingan.

Bisnis online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda.

Bisnis online memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Kita bisa memulai Bisnis Online dari Bisnis Online Shop ,Online Shope itu sendiri adalah bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau layanan langsung dari penjual melalui Internet menggunakan browser web.

Konsumen menemukan produk yang diminati dengan mengunjungi situs web pengecer secara langsung atau dengan mencari di antara vendor alternatif menggunakan mesin pencari belanja, yang menampilkan ketersediaan dan harga produk yang sama di pengecer elektronik yang berbeda.

Kelebihan dan kekurangan Bisnis Online Shop

1. Kelebihan

  • Potensi pasar yang luas
  • Memiliki jangkauan pasar yang luas di dalam maupun di luar negeri sehingga konsumen semakin banyak
  • Biaya operasional dapat dihemat
  • Biaya oprasional yang harusnya untuk menyewa ruko atau tempat berubah menjadi sewa hosting dan membeli paket internet sehingga menjadi lebih hemat
  • Kemudahan pelayanan pada konsumen
  • kemudahan melayani konsumen melali hotline dengan costumer service yang baik
  • Modal relatif kecil
  • Modal relatif kecil dibanding membuat toko fisik dan tidak mengeluarkan banyak gaji karyawan
  • Media promosi yang efektif
  • Promosi lebih efektif menggunakan sosial media dan mesin pencari


2. Kekurangan

  • Ancaman virus
  • Memiliki resiko di masuki oleh virus berbaha yang dapat merusak website toko
  • Tindak kejahatan internet (cybercrime)
  • Bisa saja toko online kita di hack sesorang yang tidak bertanggung jawab
  • Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit, dan ISP
  • Berlangganan internet dan memiliki ketergantungan karena bisnis berbasis internet

Tingkat pengoperasian online shop

1. Supplier

    Supplier adalah pihak yang menyediakan, menyalurkan dan memasarkan suatu produk yang biasanya akan langsung dikirim pada konsumen.

2. Reseller    
    Reseller adalah orang atau pihak yang menjual kembali produk orang lain atau supplier dimana reseller ini berdiri sendiri. Biasanya reseller mendapat harga yang murah atau harga grosir.

3. Dropshipper

    Dropshipper tidak melakukan stock barang, mereka memasarkan kepada calon pembeli. jika pembelinya melakukan pembelian, maka barang dikirim dari supplier ke konsumen secara langsung, namun atas nama dropshipper.



Berikut ini adalah kelebihan belanja di Online Shop beserta kekurangan nya:

Kelebihan belanja di Online ShopTidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi anda orang yang sibuk.Banyak pilihan Online Shop yang menyediakan berbagai kebutuhan.Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, cukup lewat handphone saja anda dapat berbelanja online.Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan Online Shop lainnya, sehingga mendapat harga terbaik.

Kelemahan belanja di Online ShopSering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran atau transfer uang.Dikenakan biaya transportasi atau pengiriman barang oleh pihak penjual.Tidak dapat melihat dan mencoba secara langsung.Butuh waktu dan kesabaran pada saat proses pengiriman.

Metode pembayaran pada online shop

1. Escrow atau atm bersama

  • Pembeli melakukan pembayaran pada pihak ketiga dengan kemungkinan pengembalian uang jika tidak menerima barang dengan baik.

2. COD atau cash on delivery

  • Pembeli membayar setelah menerima barang di tangan, ini memungkinkan minim nya terjadi penipuan yang akan dialami pembeli.

3. Transfer bank

  • Pembeli mentranfer sejumlah uang terlebih dahulu sebelum menerima barang.

Tips membuat online shop
Siapkan dana yang cukup untuk menyewa hosting dan mebeli nama domain untuk toko anda, anda dapat membelinya pada situs situs terpercaya di indonesia saya saran kan membeli domain di name cheap atau go dady. Usahakan cari yang memiliki team suport untuk menunjang hal hal teknis dalam pembuatan toko online yang anda miliki.Buatlah website dengan platfrom yang mumpuni dan handal yang mempunyai banyak fitur, banyak sekali di luaran sana platfrom untuk membuat toko online baik itu manual maupun menyewa jasa orang lain, jika anda tidak ingin belajar dan repot gunakan saja jasa orang lain untuk membuat atau membangun toko online anda tetapi jika anda ingin belajar saya sarankan membuat toko online dengan wordpress.Buat lah tampilan secantik mungkin toko anda dengan template yang menarik, ini salah satu kunci sukses anda dalam menjual produk online anda, buatlah pembeli anda jatuh cinta pada saat melihat tampilan toko anda.Masukan produk sesuai yang anda jual pada toko anda, usahakan menggunakan foto yang berkualitas baik jika anda memiliki produk itu sendiri, memasukan deskripsi produk yang lengkap dan rinci supaya pembeli anda tidak ragu kepada apa yang anda tawarkan.Desain web anda dengan navigasi yang baik dengan ikon ikon yang  dapat memancing pembeli anda melakukan pembelian.Recruitlah costumer service yang mumpuni dalam hal closing atau melayani pelanggan dengan baik.Manfaatkan pixel facebook jika anda ingin meningkatkan penjualan, ini kaitannya dengan penjualan anda dan bagaimana anda beriklan dan melakukan scale up pada penjualan anda.Promosi secara berkala produk anda. Promosi dapat anda lakukan di instagram ads, Fb ads, jasa endors dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan agar barang anda laku terjual.Yang terakhir adalah berdoa kepada yang maha pemberi supaya usaha anda lancar.

15 Maret 2019

0 responses on "Bisnis Online Shop"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X