fbpx

MENJADI DIGITAL MARKETER PROFESIONAL BERSERTIFIKAT

Miliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan sebagai digital marketer professional dan bersertifikat. Raih peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan dan promosi di perusahaan impian Anda.

3 bulan belajar | 9 bulan freelance | 6 jam perhari

Apa yang akan dipelajari?

Analisa Tren Pasar dibutuhkan untuk agar para siswa secara tepat menganalisa tren kebutuhan dan penjualan berdasarkan data digital yang didapat dalam kurun waktu tertentu. Siswa akan memiliki kemampuan dalam memilih produk yang dibutuhkan pasar berdasarkan analisa yang dilakukan. Dengan demikian siswa dapat mengambil keptusan dalam menentukan jumlah volume pencarian serta trend produk.

Digital marketing sangat luas dan kompleks. Strategi dan teknologi dalam pengaplikasiannya akan terus berkembang seiring dengan kemajuan dan trend pasar digital. Melalui kurikulum Marketing Fundamental ini, siswa akan memahami konsep digital marketing sebelum dimulainya tahap pembelajaran secara teknis.

Konten multimedia dapat membantu meningkatkan interaksi antara pengguna dengan akun media sosial Anda. Dalam materi ini Anda akan mempelajari Fotografi, Videografi, Desain Grafis, Video Grafis, Social Media Grafis untuk memperkaya konten dalam media social.

Modul ini memperkenalkan prinsip konten marketing yang efektif untuk target pasar yang diinginkan. Anda akan mendalami pengetahuan dan ketrampilan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi konten marketing berdasarkan analisis data. Konten marketing merupakan salah satu tolak ukur dan alat untuk membaca performa dari strategi digital marketing.

Dalam perkembangan teknologi informasi yang makin pesat sekarang ini, mendorong adanya transisi pola kehidupan banyak orang. Berbasis pada pemanfaatan internet, orang mencari segala kebutuhan dengan mengakses internet. Karenanya, ini merupakan peluang besar bagi pelaku usaha maupun instansi untuk menjaring audience sebanyak-banyaknya guna meningkatkan eksistensi tanpa mengenal batas wilayah menggunakan sebuah media yang kami sebut website. Dengan website, Anda dapat menyampaikan informasi secara efektif. Sesuai dengan apa yang Anda targetkan.

Modul Sosial Media Marketing berisi pengetahuan jenis-jenis platform untuk digital marketing dan mendemostrasikan bagaimana menggunakan social media untuk bisnis. Anda dapat memahami bagaimana membangun, mengatur, dan memanfaatkan social media secara efektif sebagai platform marketing bisnis. Anda juga akan mempelajari analisa data dari platform social media.

Modul SEO dimulai dengan dasar-dasarnya optimasi mesin pencari dan bagaimana pencarian mesin bekerja. Modul ini akan mengeksplore bagaimanamenggunakan kata kunci dengan riset kata kunci para pesaing. Kata kunci yang baik akan mudah menarik dan menentukan target market.

Tarik minat pelanggan baru dengan Profil Bisnis dari Google. Profil Bisnis Anda ditampilkan saat orang menelusuri bisnis Anda atau bisnis serupa di Google Penelusuran atau Maps. Google Bisnisku mempermudah Anda membuat dan memperbarui Profil Bisnis Andaโ€”sehingga bisnis Anda tampil menonjol dan menarik pelanggan.

Google Analytics, merupakan layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan mesin pencarian, iklan, jaringan pay-per-click, atau email marketing. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak disambungkan ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan traffic dari website atau blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang traffic website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Kita sudah memasuki era internet, di mana semua kegiatan sudah berubah menjadi serba online, termasuk kegiatan periklanan yang sekarang menjadi digital advertising. Tak heran, para pemilik bisnis sekarang sudah jarang memasang iklan di media konvensional dan berpindah ke media digital. Melalui modul ini Anda akan mempelajari target market yang Anda sasar dan strategi iklan yang baik untuk bisnis Anda.

Marketplace adalah suatu media untuk memfasilitasi penjual serta pembeli melakukan transaksi online. Dalam modul ini akan dibedah bagaimana Teknik Marketing di Marketplace.

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Email marketing juga cara yang bersifat personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Tidak sembarang orang atau perusahaan mendapat suatu alamat email. Jika mendapatkan alamat email pun mereka mengirim sebuah pesan berdasarkan izin dari pengguna email yang tertuju. Itulah mengapa pemasaran email bekerja dengan sebaik-baiknya bila dipersonalisasi dengan lebih optimal. Email dapat disesuaikan dengan tindakan pelanggan sehingga setiap komunikasi bisa relevan dengan minat mereka.

Tujuan modul ini adalah agar para siswa dapat membuat rancangan bisnis dan membuat rancangan pemasaran

Dengan mengikuti Forum Bisnis terbuka, yang membahas tentang semua kemajuan teknologi dan juga perkembangan digital di Indonesia, Anda akan mendapatkan ilmu mengenai perkembangan teknologi digital. Forum bisnis ini juga untuk menjaring relasi dan memperluas pasar.

Komunikasi marketing atau komunikas pemasaran yang baik adalah salah satu hal paling penting yang harus dilakukan oleh semua perusahaan. Dengan memiliki komunikasi marketing yang baik, perusahaan bisa mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itulah cara komunikasi marketing yang baik sudah sewajarnya diketahui oleh hampir semua orang yang ingin melakukan usaha atau bisnis, baik kecil ataupun besar.

Departemen pemasaran di perusahaan anda mungkin akan melibatkan strategi berupa pemasaran digital, iklan cetak, paid search, website optimization, identitas visual atau branding, pemasaran melalui event (event marketing), dan lain sebagainya. Bagi para marketer saat ini, menciptakan rencana pemasaran (maketing plan) yang terintegrasi yang mencakup strategi pemasaran di media sosial, content marketing (pemasaran konten), pemasaran melalui e-mail (email marketing), dan SEO โ€“ yang kesemuanya merupakan bagian dari pemasaran digital yang kuat atau strategi pemasaran yang terarah (inbound marketing strategy) โ€“ adalah sangat penting untuk menarik serta mempengaruhi pembeli di era digital.

Persiapkan diri Anda menghadapi dinamika kerja. Untuk menciptakan suasana profesionalitas dalam suatu perusahaan, sangatlah pentingnya menjalankan suatu pekerjaan secara professional sesuai dengan kompetensi profesi yang kita miliki. sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan hasil akhir berdasarkan mutu yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

X
X